Curriculum Overview

GURU ADALAH TEMAN, BUKAN PEMIMPIN

SD Kebon Dalem selalu berusaha meningkatkan mutu pembelajarannya. Salah satu bentuknya, kami berusaha menggunakan pendekatan konstruktivisme. Bagaimana siswa mampu menemukan/membangun pengetahuannya sendiri. Minimal siswa mampu mengambil kesimpulan sendiri dari suatu proses pembelajaran. Guru-guru berusaha dengan sabar mendampingi para siswa, bukan memimpin mereka. Jadi guru dan siswa berjalan bersama untuk memberi kesempatan para siswa menemukan sendiri. Kalau terjadi kesulitan di tengah jalan, ada tempat/teman yang bisa ditanya. Teman yang dimaksud adalah guru.

Meskipun para guru berjalan bersama siswa, bahkan kadang-kadang di belakang mereka dalam pembelajaran, bukan berarti penguasaan bahan pembelajaran boleh dilakukan bersama siswa. Wah, kalau itu yang terjadi, siswa bukan menjadi lebih pintar, tetapi akan hancur. Jadi, guru harus sudah mengetahui dan menguasai materi sebelum disampaikan. Guru juga harus pandai-pandai mengatur/men-setting pembelajaran agar siswa bisa menemukan pengetahuannya sendiri itu dengan tepat.

Mimpi yang dibangun guru-guru SD Kebon Dalem adalah lulusan SD Kebon Dalem menjadi manusia yang mampu memahami persoalan, menganalisa, dan mampu mencari solusi untukĀ  memecahkan masalah yang dihadapi. Kami tidak berharap SD Kebon Dalem menciptakan robot-robot yang bisa bergerak sesuai program yang ditanamkan, tanpa pemahaman dan tidak mampu mengambil keputusan sendiri. Para guru berusaha seoptimal mungkin. Hasilnya? Tuhan pasti memberkati dan menggenapi kekurangannya. Kami serahkan semuanya kepada Allah Sang Penyelenggara.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *